Friday, April 1, 2016

Kesaksian Yang Baik

Ayat Bacaan : 3 Yohanes 1:11-15; Mazmur 14:3 “Tentang Demetrius semua orang memberi kesaksian yang baik, malah kebenaran sendiri memberi kesaksian yang demikian. Dan kami juga memberi kesaksian yang baik tentang dia, dan engkau tahu, bahwa kesaksian kami adalah benar” (3 Yohanes 1:12).

Setelah memberikan laporan bernada negatif mengenai Diotrefes, kini Yohanes memberikan laporan yang bernada positif mengenai seorang bernama Demetrius. Diotrefes dan Demetrius adalah dua orang percaya, tetapi mempunyai hati yang berbeda-beda. Yang satunya penuh dengan ambisi pribadi, tetapi satunya lagi memberi “kesaksian yang baik”.

Seharusnya setiap orang Kristen menjadi seperti Demetrius – mempunyai kesaksian yang baik. Cara paling mudah mengecek apakah seorang Kristen itu mempunyai kesaksian yang baik, Anda bisa melakukannya pada pembantu rumah tangganya (kalau ada). Misalnya Anda sedang bertanding ke rumah teman wanita Anda yang sudah menjadi Kristen, lalu si Inem (anggap saja ini nama pembantu rumah tangganya) menyuguhkan minuman dingin bersama kue-kue kecil. Nah, saat itu si Nonik masih di dalam kamar dan mungkin lagi bersiap-siap untuk menyambut Anda. Tanyakan secara perlahan kepadanya, ”Nem, Nonik setiap hari kerjanya apa saja?”

“Oh itu tuan…. Nonik setiap hari kerjanya marah-marah melulu sambil ngebanting piring!”

Nah, kalau sudah jawaban seperti ini Anda pasti bisa menilai karakter si Nonik tersebut.

Ada banyak orang Kristen yang tidak mempunyai kesaksian yang baik, meskipun namanya terdaftar sebagai pengurus atau pejabat gereja. Dahulu, sebelum mengenal Kristus adalah wajar bila kita tidak melakukan perbuatan baik, sebab Alkitab sendiri berkata, “Mereka semua telah menyeleweng, semuanya telah bejat; tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak” (Mazmur 14:3). Lalu kalau seseorang yang sudah bertobat masih saja melakukan perbuatan-perbuatan yang lama, bagaimana buah-buah pertobatan bisa ditunjukkan? Seseorang yang dilahirkan kembali memang membutuhkan proses supaya ia menjadi semakin baik, sebab firman Allah yang akan memperbaharuinya. Dan kita tahu juga bahwa Allah juga berada di balik proses pembentukan itu, namun bisa saja orang tersebut menolaknya sebab keinginannya masih saja pada perkara-perkara lama.

Renungan: Sudahkah Anda memberikan kesaksian yang baik? Dengan memberikan kesaksian yang baik berarti hidup Anda mempermuliakan Tuhan. Kesaksian yang paling manjur untuk memenangkan jiwa adalah melalui perbuatan kita.

No comments:

Post a Comment