Saturday, August 6, 2016

Perhatikanlah Anak - Anak Anda

Ayat Bacaan : Kejadian 19:30-38; Efesus 6:4 "Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita" (Kejdian 19:32).

Konsep pemikiran darimana yang menganjurkan menjaga keturunan dengan berhubungan seks dengan ayah sendiri? Waktu berkumpul dengan Abraham, Abraham tidak pernah mengajarkan demikian. Reaksi spontan untuk tidur dengan ayahnya sendiri yang dilakukan kedua anak Lot itu pastilah merupakan warisan dari penduduk Sodom, meskipun mereka beralasan untuk menyambung keturunan dari ayahnya. Penduduk itu memang terkenal dengan perbuatannya yang dursila.

Kehidupan Lot memang berakhir tragis. Tidak ada lagi keturunan Lot yang disebut-sebut mempunyai reputasi yang baik, dan yang pasti mereka tidak lagi memegang peranan penting dalam kelahiran Sang Mesias kelak.

Saudara, kisah incest ini membuka mata kita bahwa didikan itu amat penting. Ada orang tua yang terlalu sibuk dengan dunianya sehingga waktu untuk anak berkurang atau sedikit sekali. Anda boleh berkarir dan mengejar penghasilan yang lebih tinggi, tetapi didikan terhadap anak merupakan tanggung jawab Anda. Anak-anak Anda bukanlah milik Anda sendiri, tetapi milik Allah. Mereka adalah titipan Tuhan supaya Anda dapat mendidik dan menjaganya dengan baik. Kalau Anda mempunyai konsep seperti ini Anda akan sadar bahwa mereka merupakan aset yang berharga dalam kerajaan Allah. Iblis senang mencuri anak-anak dan membiarkan mereka menelan konsep yang diajarkan oleh dunia ini. Dan kalau anda tahu bahwa iblis mengincar anak-anak dan mendidik mereka untuk menjadi aset dalam kerajaan kegelapan, maka Anda pasti bergidik. Tetapi itulah faktanya! namun sayang, kita masih saja mengabaikan untuk mendidik anak-anak kita di dalam terang firman Tuhan. Salomo berkata, "Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu" (Amsal 29:17) dan Paulus berkata, "Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan" (Efesus 6:4).

Renungan: Apabila anak-anak tidak menemukan panutan yang cocok di dalam keluarganya, maka mereka akan mencarinya di luar. Atau kalau ia tidak mendapat didikan yang baik dalam keluarganya maka mereka mencarinya di luar. Iblis paling senang bila Anda tidak memperhatikan anak-anak Anda.

Mendidik anak-anak bukanlah hak Anda, tetapi kewajiban dan tugas Anda.

No comments:

Post a Comment