Wednesday, November 12, 2014

Orang Kristen Daur Ulang


Ayat bacaan : Roma 13:8-14; Amsal 11:19

“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati” (Roma 13:13).

Selama kita hidup di bumi ini, pertempuran yang terjadi di dalam diri kita akan terus berlangsung. Inilah musuh terbesar kita, bukan iblis seperti anggapan banyak orang Kristen, sebab Kristus sudah mengalahkan iblis dan antek-anteknya di kayu salib. Daging! Itulah musuh besar kita.

    Setiap hari kita menangis, menyesali “keseleo” ucapan yang baru saja kita lakukan. Atau tak henti-hentinya kita menyesali perselingkuhan yang kita definisikan dengan “kekhilafan”. Tapi tidak ada jaminan bahwa kita tidak akan melakukannya lagi! Kita tidak berani berjanji dengan sungguh-sungguh di hadapan Tuhan untuk tidak melakukan perbuatan salah itu. Mengapa? Alasannya satu: kita tidak berani memberikan jaminan bahwa kita tidak akan melakukannya lagi. Jadi yang kita temui sekarang adalah orang-orang Kristen “daur ulang” - orang Kristen yang selalu disucikan lagi setelah berbuat dosa. Tetapi jangan bergembira dulu, sebab benda yang sering didaur ulang, kualitasnya akan menurun, dan kalau terlalu parah, dibuang ke tempat sampah!

    Firman Tuhan menyuruh kita untuk hidup dengan sopan, jangan dalam pesta pora, kemabukan, percabulan, hawa nafsu, perselisihan, ataupun iri hati. Artinya jangan lagi kita diperhamba oleh dosa, sebab Kristus sudah mematahkan kuk perhambaan itu. Tetapi tubuh yang kita diami ini selalu ingin mengumbar nafsunya. Mata kita ini tak henti-hentinya ingin berkelana menikmati dosa. Kaki ini maunya jalan ke tempat-tempat yang penuh dengan lumpur dosa. Tangan ini juga kadang tidak dapat dikendalikan dengan baik, hingga istri sendiri dibuat KO dalam satu ronde. Kalau sudah begitu, kita menyesal. Mengapa penyesalan selalu datang terlambat?

    Jadikan roh Anda kuat, supaya daging Anda tidak mendominasi hidup Anda. Berikan makanan yang bergizi kepada roh Anda. Kalau Anda memberikan makanan kepada daging Anda dan jiwa Anda saja, Anda akan menjadi manusia yang kuat secara jiwa dan tubuh, tetapi roh Anda lemah.


Renungan:
    Tinggalkan semua perbuatan-perbuatan gelap. Bila Anda adalah anak terang, bagaimana mungkin Anda masih menyukai perbuatan-perbuatan gelap? Ayo, bangkitlah menjadi terang supaya nama Kristus dimuliakan dalam hidup kita.

Tugas Kristus adalah mengalahkan setan; tugas umat-Nya adalah mengalahkan daging.

No comments:

Post a Comment