Saturday, January 24, 2015

Memperkaya Banyak Orang


Ayat bacaan : 2 Korintus 9:10-15; Amsal 11:24

“Kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami” 
(2 Korintus 9:11).

Pernahkah Anda berdoa demikian: “Tuhan jadikan aku orang yang bisa memperkaya banyak orang, murah hati dalam memberi, dan mengekspresikan kasih dalam tindakan?” Atau Anda lebih menyukai berdoa demikian: “Tuhan, berkatilah seluruh usahaku dan jadikanlah aku orang kaya, sekaya-kayanya, bahkan kalau bisa melebihi kekayaan Bill Gates!” Manusia menilai kekayaan seseorang dengan banyaknya mobil, rumah, atau pabrik yang dimiliki, atau omzet perusahaannya. Tetapi Allah menilainya bukan dengan materi, tetapi dari kekayaan dalam memberi. Kalau Anda cuma kaya secara materi, tidak membawa dampak apa-apa bagi Allah.

Sedangkan orang yang memberi akan berdampak bagi Allah, sebab akan melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. Paulus berkata pada ayat berikutnya, “Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah” (2 Korintus 9:13). Haleluya! Betapa indahnya tangan-tangan yang terulur kepada orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Tuhan dimuliakan. Allah mendapatkan pujian dan ucapan syukur. Inilah yang Tuhan inginkan: namanya dimuliakan melalui kemurahan hati kita. Saya sadar bahwa orang terlebih suka menerima daripada memberi. Menerima itu nikmat, tetapi memberi itu membutuhkan pengorbanan. Yesus sudah memberikan hidup-Nya kepada kita, dan Ia memberikan contoh yang baik kepada kita. Dan karena kerelaan pemberian dan pengorbanan-Nya itu Yesus ditinggikan melebihi segalanya.

Mulai sekarang berikan perhatian kepada “simpanan” uang Anda di bank surga. Menabung di bank surga tidaklah sama seperti Anda menabung uang di bank bumi ini. Anda berbuat baik, memberikan pertolongan, atau membagikan sebagian harta Anda kepada orang yang membutuhkan, itu berarti Anda sedang menabung di bank surga. Kapan Anda bisa mencairkan simpanan Anda itu? Di bumi ini juga! Allah akan melimpahkan segala kasih karunia supaya Anda berkecukupan dalam segala sesuatu dan Ia juga akan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu. Cukup? Belum! Di surga nanti Anda masih akan menikmati hasil “tabungan” Anda bersama dengan bunga-bunganya yang melimpah ruah!

Renungan: 
Ubahlah prioritas dan falsafah hidup Anda. Kalau selama ini tujuan hidup Anda hanya untuk menjadi kaya secara materi, sekarang ubahlah dan capailah kekayaan dalam memberi, supaya Anda bisa memperkaya banyak orang.

Orang yang kaya adalah orang yang bisa memperkaya banyak orang.

No comments:

Post a Comment