Sunday, March 8, 2015

Makna Kebangkitan Kristus


Ayat bacaan : Efesus 1: 18-23; Kejadian 5:24

“… yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga … “ 
(Efesus 1:20).

Apabila Anda mendengar kata paskah, tentu Anda mengerti maksudnya. Ya, umat kristiani merayakan kebangkitan Tuhan Yesus. Bila Anda mendengar kata "Kebangkitan Tuhan Yesus", Apa yang ada dalam pikiran Anda? Apakah hanya sekadar rutinitas makan telur paskah yang sudah dibungkus kertas yang berwarna-warni dan mungkin juga sudah di gambar dengan lukisan yang lucu-lucu, atau juga mungkin Anda sedang sibuk latihan drama via dolorosa dan Anda kebagian peran sebagai Maria atau salah satu prajurit Romawi? Semua ini baik, tetapi jangan lupa bahwa ada satu hal yang sangat penting bahwa kita harus mengerti makna kebangkitan Kristus.

Apa makna kebangkitan Kristus? Makna kebangkitan Kristus adalah: "….. betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya". Jadi perayaan paskah bukan sekadar merayakan, tetapi ada dampak yang sangat besar terjadi bagi orang percaya ketika Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Mungkin Anda berkata, aku orang percaya kepada Yesus, berarti aku termasuk orang-orang kudus. Ya … memang benar! Setiap orang yang percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat dan meminta ampun atas seluruh dosa-dosanya, maka dosanya diampuni, hidupnya disucikan dan dikuduskan, maka ia termasuk orang-orang kudus.

Tetapi kekudusan itu harus dipelihara dan dijaga sesuai dengan firman Tuhan agar tak bercacat sampai kedatangan Tuhan kita Yesus kristus yang kedua kali. Dalam pengiringan akan Tuhan Yesus, ada dua pilihan yang diperhadapkan bagi kita. Apabila kita suam-suam kuku, maka kita akan dimuntahkan oleh Tuhan seperti firman Tuhan kepada jemaat di Laodikia (Wahyu 3:16), tetapi sebaliknya, jika kita setia sampai mati maka kepada kita akan dikaruniakan mahkota kehidupan (Wahyu 2:10). Kenyataan yang kita alami, pada saat menerima Tuhan Yesus begitu gampang dan mudah tanpa harus melalui jalan yang berliku-liku dan persyaratan yang rumit. Pokoknya percaya Yesus, selamat! Tetapi untuk kita sampai pada akhir tujuan yaitu setia sampai mati, kok rasanya sangat sulit sekali. Tetapi jangan kuatir, ada teladan yang bisa kita tiru selain Tuhan Yesus, namanya Henokh. Resep yang diterapkan oleh Henokh adalah hidup bergaul dengan Allah. Alkitab berkata, “Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah” (Kejadian 5:24).

Renungan: 
Karena Yesus mati dan bangkit, maka ada kemuliaan yang disediakan bagi kita. Itulah hari di mana iblis berdukacita dan anak-anak Allah bersukacita. Karena itu pertahankan imanmu dan jaga persekutuanmu dengan Tuhan. 

Kebangkitan Kristus adalah kemenangan surga.

No comments:

Post a Comment