Thursday, March 12, 2015

Mesakake


Ayat bacaan : Efesus 2:11-13; 1 Samuel 17:45

“…… waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia” (Efesus 2:12).

Saya teringat dengan lagu rohani dalam bahasa Jawa yang sebaris kalimatnya berkata seperti ini “e… e… mesakake uripe wong dunyo” (e.. e… kasihan hidupnya orang dunia). Lagu ini cukup enak didengar dan mudah dipelajari. Cukup populer terutama di kalangan gereja-gereja Jawa. Tetapi belakangan ini lagu tersebut dikecam oleh sebagian orang Kristen. Masalahnya? Sebab dari pesan yang disampaikan terbersit adanya ejekan terhadap orang dunia yang akan binasa.

Seolah-olah lagu ini merupakan olokan kepada orang dunia. Mereka yang tidak percaya kepada Yesus memang kekekalannya telah ditentukan, tetapi apakah perlu kita mengejeknya? Itulah alasan mereka. Terlepas dari itu, Alkitab menyatakan bahwa mereka memang patut dikasihani. Kalau Alkitab menyatakan bahwa mereka disebutkan dengan “tanpa pengharapan dan tanpa Allah”, bukankah hal ini amat menyedihkan? Dahulu kita juga tanpa Allah. Kita hidup seenaknya sendiri dan tidak mempedulikan kehidupan yang akan datang. Tetapi setelah Anda menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda, Roh Kudus berdiam di dalam Anda. Dan malaikat Allah mengucapkan kata-kata: “Selamat! Anda kini duduk bersama Kristus, mendapat warisan Allah, pengharapan, dan yang lebih penting, Anda memiliki Allah.” Lalu ia memberikan KTP Kerajaan Allah kepada Anda. Anda tidak perlu takut lagi dengan kematian! Anda tidak perlu gemetar terhadap vonis dokter yang menyatakan bahwa umur Anda tinggal sebulan. Anda punya Kristus. Anda punya Allah. Anda punya segalanya! Belajarlah untuk tidak takut menghadapi situasi apapun dalam hidup Anda.

Ketakutan itu terjadi saat Anda tidak menyadari bahwa Anda mempunyai Allah. Kalau Daud tidak menyadari bahwa dia memiliki Allah, maka Alkitab tidak akan pernah mencatat kisah Daud mengalahkan Goliat. Perhatikan perkataan Daud kepada Goliat, “Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu” (1 Samuel 17:45). Daud tahu benar bahwa dia mempunyai Allah Maha-Kuasa.

Renungan: 
Masa depan Anda jelas bersama Kristus. Surga di depan mata. Kebahagiaan di depan mata. Pengharapan Anda jelas di depan Anda. Sadarilah dan marilah kita bersukacita akan kasih karunia Allah ini!

Manusia yang paling menyedihkan adalah manusia tanpa Allah.

No comments:

Post a Comment