Wednesday, March 11, 2015

"Rel" Kehidupan Anda

Ayat bacaan : Efesus 2:8-10; Amsal 8:35

” Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya” (Efesus 2:10).

Luar biasa bila kita merenungan ayat di atas. Sebab ada beberapa kebenaran yang akan membuka mata hati kita tentang rencana Allah. Kebenarannya adalah: Kita yang dahulu orang berdosa dan rusak di pemandangan Allah tetapi karena Kristus kita diciptakan ulang dan dilahirkan menjadi manusia baru sama sekali. Manusia yang rohnya baru. Jadi sadar atau tidak sadar kita adalah manusia baru sekarang ini bukan lagi manusia lama - berdosa.

Allah bukan hanya mencipta ulang kita tetapi Dia juga telah menanam di dalam roh kita yang baru kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan baik. Jadi manusia baru memiliki kesukaan untuk melakukan pekerjaan baik. Contoh paling jelas adalah melakukan kehendak Allah seperti yang dikatakan Yesus, “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.” Apa itu? Antara lain: memberitakan Injil, berdoa bagi yang sakit, atau hidup dalam kasih. Kebenaran yang lain adalah Allah juga telah membuat jalan bagi hidup kita jauh hari sebelum semuanya ada yaitu suatu jalan kehidupan yang baik.

Bagaimana bentuk kehidupan yang baik itu? Yang pasti kehidupan yang sakit-sakitan bukan bentuk kehidupan yang Allah rencanakan bagi manusia baru sebaliknya kehidupan dengan kesehatan ilahi itulah kehidupan yang baik. Pada intinya kehidupan yang suci, berkemenangan dan kehidupan yang sukses itulah jalan kehidupan yang Allah telah persiapkan bagi kita. Dan Allah mau supaya kita hidup di dalamnya dan mengalaminya. Jadi kita tidak perlu bingung dan takut menghadapi kehidupan ini sebab Allah telah membentangkan jalan kehidupan yang baik bagi manusia baru. Haleluya!

Renungan: 
Bukankah kebenaran-kebenaran ini merupakan kebenaran yang sederhana untuk dimengerti? Ya! Oleh sebab itu hidup Anda hari ini harus berjalan di atas ”rel” kehidupan yang Allah telah siapkan. Keluar ”rel” berarti maut, bencana, kutuk dan lain sebagainya. Cara supaya Anda tetap ada di atas ”rel” adalah hidup dipimpin oleh Roh Kudus yang tinggal di dalam roh Anda yang baru itu maka kesuksesan sedang menanti Anda selalu.

Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya.

No comments:

Post a Comment