Thursday, April 16, 2015

Ketopong Keselamatan


Ayat bacaan : Efesus 6:17; Mazmur 118:14 

“Dan terimalah ketopong keselamatan …..” 
(Efesus 6:17).

Sebelum polisi menerapkan wajib helm, banyak orang yang mengendarai sepeda motor membiarkan kepalanya berbenturan dengan aspal. Meskipun peraturan itu diberlakukan, namun toh masih banyak orang yang mengendarai sepeda motor tanpa pengaman kepala. Luka yang paling banyak menyebabkan kematian adalah luka di kepala. Bagi prajurit Romawi helm adalah perlindungan yang amat penting. Kalau ada batu yang dilemparkan musuh dan tepat mengenai kepala ia akan terhindar dari kematian. Dan dalam arti rohani ketopong (atau helm) adalah keselamatan.

Ketopong itu melindungi kepala Anda, dan di sini terdapat pikiran Anda. Keselamatan yang dimaksud di sini juga berkaitan dengan pikiran yang dibaharui. Sebab keselamatan yang kita miliki sekarang juga merupakan proses menuju kesempurnaan, seperti pikiran yang harus dibaharui dari hari ke hari. Seperti firman Tuhan katakan, “Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu [pikiran], sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna” (Roma 12:2). Saudara, pikiran merupakan tempat pijakan yang amat disukai iblis. Karena itu berapa kali Anda harus bertempur melawan segala godaan yang ada dalam pikiran Anda. Berapa kali Anda harus berjuang mengalihkan pikiran Anda dari perkara-perkara najis.

Dan berapa kali pula Anda “menyerah”, dan harus menyerahkan pikiran Anda dikuasai oleh perkara-perkara yang tidak berkenan kepada Tuhan. Pikiran yang dibaharui juga menyangkut pengertian kita akan kedudukan kita di dalam Kristus. Setiap orang benar mempunyai otoritas yang tidak diketahui oleh semua orang percaya. Akhirnya banyak orang percaya yang terbelenggu oleh pikiran yang lama, dan ini berarti hidup dalam kekalahan. Saudara, menjadi orang Kristen yang mengerti hak-hak kita di dalam Kristus akan membuat hidup ini bergairah. Anda tidak akan dibelenggu oleh pesimisme dan kekalahan. Sebab Anda mengerti hak-hak Anda dan Anda akan bangkit menjadi pemenang di dalam Kristus.

Renungan: 
Hidup sebagai orang Kristen itu dapat dinikmati. Kalau Anda stres menghadapi tekanan hidup, cobalah mengerti masalahnya lalu carilah janji-janji Allah di dalam Alkitab dan percayalah! 
Kepala yang tidak dilindungi adalah sasaran empuk serangan musuh.

No comments:

Post a Comment