Friday, April 17, 2015

Pedang Roh


Ayat bacaan : Efesus 6:17; Kidung Agung 3:8

“….. terimalah … pedang Roh, yaitu firman Allah” (Efesus 6:17).

Dari seluruh perlengkapan senjata Allah, hanya pedang satu-satunya senjata ofensif. Anda tidak akan menyerang iblis dengan ketopong, baju zirah, perisai, atau kasut. Anda menyerang iblis dengan pedang. Bagaimana Anda dapat menggunakan pedang ini? Saya berikan contohnya. Lukas 4:1-13, menceritakan Yesus yang dicobai di padang gurun. Yesus tidak perlu memerangi iblis saat itu dengan susah payah, sebab Ia dilindungi oleh kebenaran. Tetapi bukan berarti Ia bertindak pasif. Ini yang dilakukan-Nya: berdiri di atas kebenaran dan menggunakan pedang Roh sebagai senjata andalan-Nya untuk menyerang balik iblis.

Pada setiap pencobaan, Yesus berkata, “Ada tertulis” (Matius 4:4, 7, 10; Lukas 4:4, 8, 12). Yesus sendiri mengutip firman Tuhan dan menggunakannya untuk melawan iblis. Dan yang perlu Anda perhatikan di sini adalah pedang yang digunakan iblis untuk menyerang Yesus adalah sama: firman Tuhan. Bedanya, iblis menggunakan pedang yang diputarbalikkan. Ia mencoba mengelabui Yesus dengan firman yang ditafsirkan untuk kepentingannya. Namun ia lupa bahwa yang dihadapinya itu adalah “master”-nya firman, sebab Yesus adalah firman yang menjadi manusia. Untuk menyerang balik iblis, tidak ada cara lain kecuali firman Tuhan.

Hidup Anda harus dipenuhi dengan firman Tuhan supaya Anda dapat menggunakan pedang Roh itu dengan efektif. Penulis Ibrani berkata, “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita” (Ibrani 4:12). Pedang firman Tuhan adalah pedang Maha-Sakti. Kalau Anda tahu cara penggunaannya, Anda tidak perlu takut dengan iblis. Sebab bila digunakan pedang Roh itu akan mampu membuat iblis lari terbirit-birit, sambil menunggu waktu yang tepat lagi untuk menyerang Anda.

Renungan: 
Semakin Anda sering membaca Alkitab dan merenungkannya, semakin Anda mempertajam pedang Roh Anda. Dan setiap orang Kristen yang hidupnya tidak diperkaya dengan firman Tuhan, maka ia pasti akan kelabakan bila iblis menyerangnya.

Pedang bukanlah untuk gagah-gagahan, tetapi untuk menyerang musuh.

No comments:

Post a Comment