Saturday, April 18, 2015

Menembus Dunia Roh


Ayat bacaan : Efesus 6:18; Daniel 10:12, 13

“…… Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus” 
(Efesus 6:18).

Setelah semua perlengkapan senjata rohani dikenakan, sekarang masuk ke bagian yang tidak kalah pentingnya: doa. Kuasa Allah itu selalu tersedia, namun doa yang memanifestasikan kuasa itu. Doa yang dinaikkan dengan kesungguhan dan segenap hati akan menggerakkan kuasa Allah. Tidak hanya itu saja, tetapi doa seperti ini akan menahan laju kuasa kegelapan. Berdoa setiap waktu di dalam Roh tidak hanya berarti berdoa dalam bahasa Roh.

Saya yakin bahwa doa ini berarti doa yang dinaikkan dengan kesungguhan hati, oleh inspirasi Roh Kudus. Doa bukanlah peristiwa natural, tetapi supranatural. Sebab dalam berdoa sebenarnya kita sedang menembus angkasa dunia roh. Anda ingat dengan Daniel yang jawaban atas doanya tertunda? Kuncinya terletak pada jawaban malaikat, “…. Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu. Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia” (Daniel 10:12, 13).

Karena Daniel berdoa, maka malaikat Allah sebagai utusan Allah. Namun “pemimpin kerajaan Persia” (atau iblis), berusaha menghalang-halangi. Anda lihat, ada sesuatu yang terjadi di alam roh saat umat Tuhan berdoa. Kalau doa Anda tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, doa Anda tidak akan berdampak dalam alam roh. Dan doa yang dinaikkan tidak hanya ditujukan kepada diri sendiri tetapi juga kepada segala orang kudus. Ini berbicara mengenai doa syafaat. Dan tanpa kita sadari sebenarnya banyak doa syafaat kita menolong dan menopang orang lain. Kalau saja semua orang Kristen saling mendoakan, iblis tidak akan mudah menemukan tempat pijakan dalam hidup kita.

Renungan: 
Semua orang Kristen dipanggil untuk berdoa. Tidak peduli apakah Anda orang Kristen baru ataukah lama, Tuhan memanggil Anda untuk menjadi pendoa. Anda dipanggil menjadi laskar Kristus melalui doa. 
Doa adalah kunci yang membuka pintu alam roh.

No comments:

Post a Comment