Friday, July 31, 2015

Perhatian Kepada Para Janda



Ayat bacaan : 1 Timotius 5:3-8; Mazmur 146:9 

Peringatkanlah hal-hal ini juga kepada janda-janda itu agar mereka hidup dengan tidak bercela” 
(1 Timotius 5:7).

Saya tidak tahu apakah renungan hari ini khusus buat janda, tetapi saya yakin bahwa semua firman Tuhan itu untuk semua orang. Tahukah Anda bahwa para janda mendapatkan perhatian khusus di dalam Alkitab? Tersenyumlah para janda, sebab ini berita baik buat Anda. Anda bisa buka ayat yang menjadi janji bagi Anda, para janda, “Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus” (Mazmur 68:6). Anda bisa membaca janji-janji lainnya di Mazmur 146:9; Amsal 15:25. Banyak cerita pilu mengenai nasib janda termasuk beratnya tanggung jawab sebagai single parent (mengasuh anak seorang diri). Ia harus berfungsi sebagai ibu sekaligus sebagai ibu juga. Dan ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

Dan pada prinsipnya Alkitab tidak melarang para janda untuk menikah lagi. Tetapi sebaiknya meminta petunjuk Tuhan, apakah perlu menikah lagi ataukah tidak. Ada banyak contoh di Alkitab di mana janda dipakai oleh Allah, dan bahkan hidup mereka mendapatkan pujian Tuhan. Salah satu contoh adalah janda di Sarfat yang memberi makan kepada Elia. Alkitab tidak menjelaskan secara detail mengapa Allah memakai janda ini, dan bukannya janda-janda lainnya, untuk memberkati Elia? Saya percaya bahwa Allah melihat hati manusia. Allah melihat bahwa janda ini tulus dan terbukti ketika ia tidak segan-segan menyerahkan segenggam tepung dan sedikit minyak dalam buli-buli (1 Raja-raja 17:12). Akibatnya Allah menggantikan pengorbanan itu dengan melimpahkan roti dan minyak yang tidak pernah habis.

Satu contoh lagi adalah seorang janda miskin yang memberikan persembahan di Bait Allah (Markus 12:41-44). Tuhan Yesus memuji janda yang miskin ini, sebab ia memberikan uang, yang menurut orang lain kecil, tetapi bagi dia uang itu amatlah besar. Hatinya dipenuhi dengan kasih Allah sehingga uang itu tidak berarti lagi bagi dia. Anda, para janda, Tuhan menaruh perhatian terhadap hidup Anda. Selama hidup Anda tulus dan benar di hadapan Allah, Ia pasti menaruh perhatian khusus terhadap Anda. Dan ini pasti membuat “iri” orang Kristen lainnya!

Renungan: 
Jangan sedih hai para janda, sebab Tuhan adalah pembela bagi Anda. Apa saja yang menjadi kesulitan bagi Anda, sampaikan semuanya kepada Tuhan. Ia pasti tidak akan mengecewakan Anda. 
Kaum janda adalah pusat perhatian Allah.

No comments:

Post a Comment