Sunday, March 13, 2016

Ujilah Roh-Roh Itu

Ayat Bacaan : 1 Yohanes 4:1-3; Yeremia 14:13, 14 “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia” (1 Yohanes 4:1).

Yeremia sangat terkejut ketika Tuhan berkata, “Janganlah engkau berdoa untuk kebaikan bangsa ini” (Yeremia 14:11). Berdoa itu baik, apalagi doa syafaat, tetapi mengapa Allah melarang nabi ini untuk berdoa?

Pada kondisi tertentu Allah melarang nabi-nabi-Nya untuk memanjatkan doa. Tidak ada aturan atau syarat khusus yang menetapkan hal ini, kecuali Allah sendiri. Saat itu Allah telah menetapkan untuk menjatuhkan hukuman kepada penduduk Yehuda. Mereka telah berdosa kepada Allah. Di tengah-tengah situasi ini para nabi palsu menggunakan kesempatan untuk bernubuat palsu dengan memberitakan damai sejahtera (Yeremia 14:13-14). Nubuatan seperti ini sangat disukai. Para nabi palsu itu langsung mendapatkan fasilitas gratis dan pelayanan istimewa dari penduduk Yehuda, sebab mereka tidak mau mendengarkan penghukuman Allah. Sebaliknya nabi-nabi yang benar-benar memberitakan firman Allah yang murni mendapatkan cemoohan dan penganiayaan.

Pengertian nabi palsu sebenarnya bukan sekedar orang-orang yang menyangkali Juru Selamat atau mereka yang tidak sejalan dengan firman Tuhan, tetapi juga mereka yang sebenarnya dulunya seorang hamba Tuhan tulen, namun hatinya menjadi bengkok dengan memberitakan nubuatan palsu untuk meraih keuntungan pribadi. Adakah hamba Tuhan seperti ini? Banyak sekali. Nabi seperti ini bisa jadi disertai dengan tanda-tanda heran dan ajaib, tetapi hatinya tamak terhadap perkara-perkara duniawi.

Di sinilah diperlukan teguran keras terhadap jemaat yang hatinya tidak lurus lagi. Jangan membiarkan jemaat tetap tinggal di dalam dosanya, meskipun jemaat tersebut mempunyai pengaruh yang kuat di gereja tersebut. Banyak pendeta yang takut menegur salah satu majelisnya sebab si majelis itu telah menjadi donatur setia gereja tersebut. Dan kalau dibiarkan, maka si nabi palsu akan mengambil keuntungan dengan bernubuat palsu kepada orang tersebut, supaya si nabi palsu bisa mendapatkan kekayaan.

Apabila Anda ditegur bila Anda salah, bersyukurlah sebab yang menegur Anda itu seorang hamba Tuhan sejati. Dan berbaliklah supaya Tuhan memulihkan kehidupan Anda lagi.

Renungan: Nabi palsu ada yang mudah dideteksi, tetapi banyak pula yang sulit, kecuali rohani Anda peka terhadap kebenaran firman Tuhan. Buatlah Anda semakin peka dan milikilah kebenaran itu di dalam hati Anda supaya Anda tidak mudah dikibuli oleh si nabi palsu. Kenalilah yang asli dengan baik supaya yang palsu mudah terdeteksi.

No comments:

Post a Comment