Monday, March 14, 2016

Lihat Yang Di Dalam Diri Anda

Ayat Bacaan : 1 Yohanes 4:4-6; Daniel 4:8 ”Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia” (1 Yohanes 4:4).

Mengapa saya selalu kalah dalam hidup ini?” kata seorang anak Tuhan. ”Kadangkala aku jatuh bangun. Inginnya sih aku selalu menang dalam menghadapi tantangan dan pencobaan hidup ini.” Menjadi seorang pemenang adalah kerinduan setiap orang. Tetapi apa rahasia menjadi seorang pemenang dalam kehidupan ini?

Rasul Yohanes dalam suratnya di atas memberitahukan kepada kita bagaimana kita bisa menjadi seorang pemenang. Ada tiga rahasia menjadi seorang pemenang.

1. Sadarilah Anda berasal dari Allah bukan dari dunia ini. 
Tubuh Anda memang berasal dari debu dan tanah tetapi ingat roh Anda bukan berasal dari dunia ini tetapi lahir dan berasal dari Allah melalui percaya kepada Yesus Kristus. Inilah yang banyak tidak disadari oleh kebanyakan anak-anak Tuhan.
Karena Allah bukanlah seorang pecundang oleh sebab itu mereka yang lahir dari Allah lahir sebagai pemenang bukan seorang pecundang. Bila saja kita menyadari hal ini maka kita sudah mendapatkan awal kemenangan. Bagaimana dengan Anda?

2. Sadarilah di dalam Anda ada Roh Kudus.
Kalau saja kita selalu ingat dan sadar setiap detik bahwa di dalam diri kita ada Pribadi Allah – Roh Kudus - maka kita tidak akan merasa sendiri dan takut dalam menghadapi tantangan dan masalah dalam hidup ini. Sebab Roh Kudus akan selalu menghibur dan menguatkan kita. Dia ada di dalam diri kita 24 jam sehari bahkan selama-lamanya. Luar biasa! Bagimana dengan Anda?

3. Sadarilah yang di dalam diri Anda lebih besar dari pada yang di luar.
Kita sudah terlalu lama melihat semua yang di luar diri kita [persoalan, masalah dan semua yang ada di dunia ini] lebih besar dari pada apa yang ada di dalam diri kita. Tetapi kenyataannya tidak demikian. Justru yang di dalam diri kita itu beribu-ribu kali bahkan berjuta-juta kali lebih besar dari pada yang ada di dunia ini. Sebab yang ada di dalam diri kita adalah Roh Kudus sendiri.

Bila kita menyadari yang di dalam diri kita lebih besar maka kita akan memandang semua persoalan dan masalah termasuk iblis dan antek-anteknya kecil tetapi Tuhan lebih besar besar dari semuanya itu. bearati kita sudah menang sebelum berperang. Dan bila kita bertindak maka kita akan menikmati kemenangan itu lebih lagi.

Renungan: Kesadaran akan hal-hal rohani itu sangat penting bila kita ingin menang dalam hidup ini. Oleh sebab itu lihatlah yang di dalam diri Anda lebih dari yang ada di luar Anda. Sekali Anda berorientasi yang di dalam maka hal itu akan terus membekas di dalam benak Anda.  Di dalam diri kita itu beribu-ribu kali lebih besar dari pada yang ada di dunia ini.

No comments:

Post a Comment