Saturday, April 7, 2018

Berfungsi Dengan Benar

Ayat Bacaan : Nehemia 13; 1 Korintus 12:10
“Aku menyesali para penguasa, kataku: "Mengapa rumah Allah dibiarkan begitu saja?" Lalu kukumpulkan orang-orang Lewi itu dan kukembalikan pada tempatnya”
(Nehemia 13:11).


Nehemia bukan sekedar menjadi orang yang mencoba mengembalikan lagi supremasi hukum Allah ke tengah-tengah umat Israel, tetapi juga mengembalikan fungsi yang sebenarnya dari para petugas Bait Allah. Misalnya orang-orang Lewi yang dikembalikan lagi sebagai imam-imam dalam Bait Allah.

Jadi kita juga harus mengembalikan lagi orang-orang yang bertugas di dalam gereja Tuhan sesuai dengan panggilan mereka. Sayangnya, banyak dari pimpinan gereja yang terkesan memaksakan seseorang yang bukan panggilannya untuk melakukan tugas yang Tuhan tidak pernah perintahkan. Tanpa bermaksud menuduh, tetapi gereja Tuhan sendiri masih ada pimpinan gereja Tuhan yang belum peka sehingga penempatan orang-orang dalam jabatan di gereja tidak sesuai dengan kehendak Allah. Mereka tidak berdoa terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Selama kita masih belum melihat orang-orang pilihan Allah pada posisi yang benar, kita tidak akan melihat kemuliaan Allah dinyatakan dalam gereja Tuhan. Nehemia mengerti benar akan hal ini. Karena itulah dia mau mengembalikan apa yang telah hilang di dalam gereja Tuhan supaya semuanya berfungsi dengan benar.

Jemaat wajib menghargai setiap pekerjaan yang dilakukan oleh para pelayan Tuhan. Jangan anggap remeh mereka, meskipun sebagian di antara mereka bukanlah seorang pengkhotbah atau penginjil. Tetapi kita tahu bahwa panggilan Allah dalam hidup manusia tentunya tidak semuanya sama.

Seperti Alkitab katakan, “Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu” (1 Korintus 12:10). Masing-masing mempuyai tugas sendiri-sendiri.

Renungan:
Kita masih menyaksikan pembenahan masalah tugas jawatan dalam gereja Tuhan. Kalau semuanya telah melakukan dengan baik, maka kita melihat suatu kesatuan yang sesungguhnya dari gereja Tuhan.


Memahami posisi kita di dalam Kristus akan membuat kita menyadari betapa pentingnya masing-masing anggota tubuh Kristus itu.

No comments:

Post a Comment