Sunday, September 18, 2016

Hormatilah Orang Tuamu

Ayat Bacaan : Kejadian 44:18-34; Efesus 6:4 “Lalu tuanku berkata kepada hamba-hambamu ini: Bawalah dia ke    mari kepadaku, supaya mataku memandang dia. Tetapi jawab kami kepada tuanku: Anak itu tidak dapat   meninggalkan ayahnya, sebab jika ia meninggalkan ayahnya,   tentulah ayah ini mati” (Kejadian 44:21-22).

Kita tentu ingat akan firman yang disampaikan Tuhan kepada Musa: “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu” (Keluaran 20:12).

Alkitab mencatat bahwa menghormati orang tua itu penting, dan harus dilakukan  oleh setiap anak yang masih memiliki orang tua. Sebab di zaman yang serba modern ini ditemukan adanya kecenderungan hilangnya penghormatan seorang anak kepada orang tuanya. Karena merasa lebih mampu, kadang respek terhadap orang tua menjadi berkurang. Kadang karena suatu kesibukan bisnis dan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan  hubungan antara orang tua dan anak terputus. Di sisi lain arus teknologi kadang membuat anak mulai tidak lagi menghormati orang tua. Anak merasa lebih pintar, lebih mengerti dan lebih kaya. Banyak kelurga yang berantakan, dan hancur karena si anak tidak lagi menghormati orang tuanya atau sebaliknya orang tua mengabaikan kasih sayangnya kepada Anak.

Tetapi kepada setiap orang Kristen, Allah sangat berkehendak supaya kita menghormati orang tua kita. Hormatilah ayahmu dan ibumu, perhatikanlah dan nyatakanlah kasih sayangmu kepadanya. Demikian sebaliknya orang tua mengasihi anak-anaknya seperti firman Tuhan katakan: “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati  anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat  Tuhan” (Efesus 6:4).

Keluarga Yusuf adalah sosok yang bisa dijadikan teladan, ayat 20 dari kejadian pasal 44 Yehuda berkata: “Dan kami menjawab tuanku: Kami masih mempunyai ayah yang tua  dan masih ada anaknya yang muda, yang lahir pada masa tuanya;    kakaknya telah mati, hanya dia sendirilah yang tinggal dari   mereka yang seibu, sebab itu ayahnya sangat mengasihi dia.” Sangat kelihatan disini bahwa Yakub sebagai orang tua mengasihi anak-anaknya terlebih kepada Benyamin, di sisi lain Benyamin pun juga mengasihi ayahnya, karenanya ia tidak meninggalkan ayahnya sendirian supaya ia jangan mati karena ditinggalkan anak-anaknya. Bagaimana pun kondisi orang tua kita  hormatilah ia sebagai mana seharusnya.

Renungan: Alkitab menegaskan, “Taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena  haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu ini adalah suatu perintah yang penting, yaitu supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi” (Efesus 6:1-3).       

Berbahagialah anak-anak yang menghormati orang tuanya sebab ia akan  beroleh kemurahan Tuhan.

No comments:

Post a Comment