Thursday, January 11, 2018

Doa Yabes

Ayat Bacaan : 1 Tawarikh 4; Efesus 1:3
“Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu”
(1 Tawarikh 4:10).


Yabes muncul sekilas di Alkitab. Tetapi akhir-akhir ini keberadaannya mulai diungkit-ungkit lagi oleh orang Kristen. Ada apa gerangan? Rupanya doa Yabes yang dipanjatkan di dalam Alkitab kita itu menjadi berkat bagi banyak orang. Banyak buku yang diterbitkan perihal doa Yabes tersebut. Dan doa yang dinaikkan itu dijawab oleh Allah.

Sebelum kita memahami doa Yabes, perlu kita ketahui bahwa Yabes adalah manusia yang “lebih dimuliakan” dari saudara-saudaranya. Ini berbicara tentang karakter. Sebab Yabes memiliki karakter yang tabiat yang melebihi saudara-saudaranya. Jadi ketika dia memohon kepada Allah, dia memintanya dengan tulus dan timbul dari hati yang murni. Sebab kita tahu bahwa Allah tidak mendengarkan doa dari orang yang memberontak kepada-Nya.

Apa yang diminta oleh Yabes adalah untuk dirinya. Ini bukanlah doa egois, sebab kadang-kadang kita perlu juga berdoa untuk diri sendiri. Memang ada doa syafaat dan untuk itu kita harus melakukannya. Tetapi ada kalanya kita harus berdoa bagi diri sendiri.

Siapa yang tidak suka berkat? Orang Kristen tidak harus identik dengan penderitaan. Kita juga dapat menerima berkat Allah, sebab adalah sifat Allah untuk memberkati umat-Nya (Kejadian 12:2, 32:26; Mazmur 72:17, Efesus 1:3). Jadi kalau kita tidak pernah meminta Allah untuk memberkati kita, maka kita tidak memahami bahwa sesungguhnya Allah memberkati kita.

Permintaan Yabes supaya Allah melindunginya membuka mata kita bahwa saat itupun bahaya dapat mengancam dirinya. Dan kita yang sekarang tinggal di dunia yang sewaktu-waktu bom dapat meledak juga membutuhkan perlindungan Allah. Kita ngeri bila harus berada di dalam sebuah mall, sebab kita tahu bahwa tempat yang banyak kerumunan masanya adalah tempat menggiurkan bagi para teroris. Untuk itulah kita perlu meminta perlindungan Allah!

Renungan:
Berdoalah untuk berkat Allah sekarang. Kita berhak mengecap berkat-berkat-Nya. Mungkin kita adalah seorang pendoa syafaat yang selama ini berdoa untuk orang lain. Melalui renungan kita diingatkan untuk juga berdoa bagi diri sendiri seperti Yabes! Dan bersiaplah untuk menerima kelimpahan berkat Allah!


Mintalah berkat kepada Allah, bukan kepada Setan.

No comments:

Post a Comment