Thursday, April 5, 2018

Orang Pilihan

Ayat Bacaan : Nehemia 11; Yohanes 15:16
“Semua orang Lewi di kota kudus ada dua ratus delapan puluh empat orang”
(Nehemia 11:18).

Menjadi orang pilihan adalah suatu kebanggaan tersendiri. Kita harus bangga karena kita ini adalah orang-orang pilihan Allah untuk menggenapi rencana Allah dalam hidup kita. Orang-orang pilihan Allah adalah mereka yang mau melakukan kehendak Allah dan melakukan Firman Tuhan.

Seperti Daud yang telah dipilih oleh Tuhan. Mengapa Daud dipilih? Karena Daud melakukan semua kehendak Tuhan Allah. Bagaimana dengan kita? Kita adalah umat pilihan Allah di dalam Anak-Nya yang tunggal Tuhan Yesus Kristus Tuhan kita. Kita mendapatkan kasih karunia yang begitu besar karena Allah cinta kepada kita. Di dalam Yohanes 3:16 dikatakan, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Sangatlah nyata kasih Bapa itu kepada kita melalui Tuhan Yesus Kristus. Kita harus selalu ingat akan kebaikan Tuhan Yesus Kristus di dalam kita bahwa bukan kita yang memilih Tuhan Yesus Kristus tetapi Allah Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristuslah yang memilih kita (Yohanes 15:16). 

Yesus berkata, “Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu” (Yohanes 15:16). Setelah oleh kasih karunia kita dipilih maka selanjutnya kita harus menjadi setia. Di dalam Wahyu 17:14 dikatakan, “Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.”

Kata setia adalah sebuah kata yang mengandung janji. Jika kita setia akan pilihan kita maka DIA pun akan setia kepada kita, seperti tertulis di dalam Matius 18:18, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” 

Renungan :
Jika kita sudah menjadi orang pilihan Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus, apalagi yang kurang di dalam diri kita? Janganlah kita menjadi terlena akan keadaan kita tetapi marilah kita senantiasa menjaga hati dan tubuh kita untuk tetap menjadi kudus menjelang hari kedatangan-Nya yang sudah sangat amat dekat. 


Banyak yang dipanggil tetapi sedikit yang dipilih.

No comments:

Post a Comment