Monday, April 25, 2016

Peganglah Yang Ada Padamu

Ayat Bacaan : Wahyu 3:10-13; Yesaya 41:10 “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu” (Wahyu 3:11).

Setiap kemenangan pastilah menghasilkan hadiah. Apabila Anda seorang atlit atau mantan atlit yang pernah meraih juara, tentunya Anda tahu apakah artinya sebuah piala. Kebanggaan dan keharuan bercampur menjadi satu. Kadang hadiah uang yang diterima tidak lagi menjadi tujuan utama. Yang penting adalah keberhasilan merengkuh juara
.
Kekristenan juga diibaratkan dengan pertandingan. Dan memang kita sekarang berada dalam pertandingan iman. Ada hadiah yang akan diberikan kepada mereka yang berhasil menyelesaikan pertandingan itu dengan baik. Paulus berkata seperti ini, “Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya” (2 Timotius 4:8).

Alkitab menyebutkan beberapa mahkota: mahkota abadi (1 Korintus 9:25), mahkota kehidupan (Yakobus 1:12), dan mahkota kemuliaan (1 Petrus 5:4). Tetapi saya yakin dan dapat saya simpulkan bahwa mahkota bukan sekedar berbicara mengenai hadiah, tetapi sebuah penghargaan besar dari Tuhan kepada mereka yang setia dan yang bertahan sampai akhir.

Tuhan berbicara kepada jemaat Filaddelfia supaya mereka memegang apa yang ada padanya. Iman, hati nurani yang murni, dan keselamatan itulah yang harus dipegang. Kalau tidak, tidak akan ada mahkota, tidak ada hadiah, dan tidak ada kemuliaan.

Kita semua tahu bahwa hidup itu penuh dengan perjuangan. Kadangkala kita tertawa, tetapi juga tidak jarang kita menangis. Mulut ini tidak tahan untuk tidak berucap, “Aku sudah tidak kuat lagi….!”

Marilah kita ingat lagi janji Tuhan: “Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan” (Yesaya 41:10). Tanamkan ke dalam roh Anda bahwa kemenangan adalah jaminan Tuhan kepada kita. Lalu mengapa banyak orang Kristen kalah? Sebab mereka tidak percaya kepada Tuhan. Sebab Petrus yang sedang berjalan di atas kemustahilan (air) ketika bimbang langsung tubuhnya mulai tenggelam.

Renungan: Mahkota telah tersedia bagi mereka yang mengakhiri pertandingan iman dengan baik. Anda sebenarnya ditakdirkan untuk menerimanya, kecuali Anda mulai putus asa lalu kembali kepada hidup yang lama. Hidup itu memang berat, tetapi hadiah yang disediakan Tuhan bagi yang menang setara dengan perjuangan Anda.

No comments:

Post a Comment